6:53 PM
0


MURID-MURID YESUS DAN DUNIA KERJA

Waktu Yesus merekrut 12 orang murid, tidak ada satupun yang lulusan Sekolah Alkitab, tidak ada satu pun di antara mereka yang merupakan full timer di synagog/gereja. Mereka semua adalah profesional di DUNIA USAHA .  Petrus dan Andreas – nelayan. Yakobus dan Yohanes menjalankan perusahaan makanan ayah mereka. Zebedeus, ayah mereka, adalah pengusaha makanan yang sukses. Matius – orang pajak, dia pasti pintar akuntansi.

Tidak ada satupun murid Yesus yang punya latar belakang sekolah agama! Penulis Injil Lukas, siapa dia? Seorang dokter. Yohanes Markus, yang menulis Injil Markus, berasal dari keluarga kaya. Ibunya, yang bernama Maria, rumahnya dipakai sebagai Rumah Doa di Kitab Kisah Para Rasul.

Jemaat pada gereja mula-mula antara lain: Sida-sida Ethiopia. Dia adalah menteri keuangan Sri Kandake. Roma 16, ada yang bernama ERASTUS, seorang bendahara negeri – kira-kira setara dengan Gubernur Bank Indonesia. Mereka ini adalah orang-orang terkenal yang jadi jemaat gereja mula-mula. Orang-orang dari DUNIA KEJA.   

Lukas menulis surat kepada THEOFILUS -> Theo = Tuhan; Phyleo = teman => a friend of God; sahabatnya Tuhan. Semua komentar menuliskan bahwa dia ini adalah orang yang memiliki kedudukan penting secara politik, seseorang dari kalangan atas dalam lapisan sosial masyarakat. Semua mereka ini adalah orang-orang bisnis.

Kita seringkali menyebut pendeta, fulltimer sebagai hamba Tuhan – dan memang tidak salah. Tetapi kalau Anda adalah seorang bisnisman atau profesional maka biasanya masyarakat tidak menuntut Anda untuk berapi-api serta radikal di dalam Tuhan. Tetapi kalau hanya pendeta serta fulltimer saja yang diurapi maka itu berarti hanya 1% dari seluruh gereja yang harus mengubah masyarakat!  Tidak heran kita tidak melihat masyarakat diubahkan oleh kerajaan sorga!

Kebenarannya adalah: setiap Anda diurapi, setiap Anda adalah pelayan Tuhan, orang-orang yang diurapi oleh Tuhan! Sadari ini: Tuhan telah memanggil Anda untuk diurapi di DUNIA KERJA. Gereja mula-mula memang dimulai di Yerusalem. Tetapi gereja baru mengalami "ledakan pertumbuhan" waktu Paulus fokus kepada dunia usaha. 

Kisah Para Rasul 19:1, Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. 
Paulus menjangkau kota-kota besar karena dia menyadari di kota besarlah letak pengaruh dari pilar-pilar yang mempengaruhi masyarakat atau suatu bangsa. Tetapi kalau Anda mengabarkan Injil seperti Yesus dan Paulus maka Anda harus siap dengan kenyataan bahwa akan ada orang-orang agamawi yang menentang Anda! 

Kisah Para Rasul 19:9, Tetapi ada beberapa orang yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus. 
Siapa ini orang-orang yang keras hati? Mereka adalah orang-orang dari dunia agama, pengurus Synagog. Jadi Paulus memisahkan diri dari mereka dan mengajar murid-muridnya di Sekolah Tiranus. Apa itu Sekolah Tiranus? Ini adalah sekolah umum yang Paulus manfaatkan untuk pelayanannya. Ini seperti "Karya Iman, SDN Serang, Global Arts". Jadi Paulus menggunakan sekolah umum untuk membangun gerejanya yang kontemporer. Di siang hari mereka melakukan pekerjaan bisnis dan malam hari mereka menyelenggarkan pelajaran Alkitab. 
Waktu Paulus terus melakukan penjangkauan, jumlah mereka bertumbuh menjadi 60 ribu orang dalam beberapa tahun! Itu artinya ¼ penduduk kota Efesus menjadi anggota dari 1 gereja! Ini terjadi 2000 tahun yang lalu. Kalau hal ini bisa terjadi di waktu itu, hal ini juga bisa terjadi sekarang! 

Kisah Para Rasul 19:10, Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani.
Paulus terus melakukan penjangkauan. Dia menjangkau orang Yahudi dan orang Yunani. Orang Yunani adalah orang-orang di DUNIA KERJA. Kisah Para Rasul 2 gereja berdiri dan bertumbuh. Tetapi baru dalam Kisah Para Rasul 19 waktu Paulus memberikan pengaruhnya pada DUNIA USAHA maka gereja mengalami "ledakan pertumbuhan" dan menjangkau orang-orang non Yahudi!

Ada 24 suku bangsa di Asia Kecil pada waktu itu yang dikunjungi oleh Paulus, dan masyarakat mengalami perubahan dramatis karena Paulus pergi ke DUNIA USAHA.   Saya percaya inilah yang Tuhan rindukan untuk Anda! Tetapi kita tidak bisa mengubah dunia ini kalau kita tidak mau meninggalkan rasa nyaman di ke-4 dinding gereja ini. Kita tidak bisa mengubah dunia kalau kita hanya mengharapkan 1% dari jemaat, yaitu para pendeta dan full timer saja yang melakukan AMANAT AGUNG. Kita hanya bisa membawa KERAJAAN SORGA turun dalam dunia ini kalau SETIAP Anda menyadari bahwa: Anda adalah pelayan Tuhan, diurapi untuk DUNIA KERJA. Anda adalah gereja-Nya Yesus Kristus 24 jam per hari, 7 hari seminggu, 365 ¼ hari tiap tahun! 

Persiapan Menghadapi Dunia Kerja
Jika lowongan bagaikan emas yang diburu, pengangguran adalah kata yang ditakuti. Untuk mengurangi ketakutan diri akan momok pengangguran, dan melenggang ke dunia kerja, tentu saja kita perlu persiapan. Namun kadang kita terlalu panik dan sibuk mencari kerja sehingga melupakan langkah-langkah persiapan dasarnya. 

Apa saja langkah-langkahnya?
A.  Kenali Diri Sendiri
B.  Persiapan Fisik
C.  Persiapan Mental

A Small Truth To Make Life 100%
If  A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z   is equal to 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26.
Hard Work (Kerja Keras)
H+A+R+D+W+O+R+K  is equal to  8+1+18+4+23+15+18+11 = 98%
Knowledge (Pengetahuan)
K+N+O+W+L+E+D+G+E    is equal to   11+14+15+23+12+5+4+7+5 = 96%
Love
L+O+V+E   is equal to   12+15+22+5 = 54%
Luck (Keberuntungan)
L+U+C+K  is equal to 12+21+3+11 = 47%  (don’t most of us think this is the most important ???)
Then what makes 100% ?   Is it Money ? …  NO ! ! !
M+O+N+E+Y   is equal to    13+15+14+5+25 = 72%
Leadership ? … NO ! ! !
L+E+A+D+E+R+S+H+I+P   is equal to  12+5+1+4+5+18+19+9+16 = 89%
Every problem has a solution, only if we perhaps change our attitude.  To go to the top,  to that 100%,  what we really need to go further… a bit more…
ATTITUDE (sikap)
A+T+T+I+T+U+D+E   is equal to  1+20+20+9+20+21+4+5 = 100%
ATTITUDE IS EVERYTHING.  Change your attitude …  And you change your life ! ! !

Penutup
        Dunia kerja bagi Orang Kristen adalah pelayanan.  Sejatinya kita tidak membedakan dunia kerja dengan pelayanan, karena Kolose 3:23 mengatakan bahwa : Apapun yang kamu perbuatlah, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.
Manusia sebenarnya yang mendikotomikan pekerjaan itu menjadi pekerjaan sekuler dan pelayanan rohani. Padahal, sesungguhnya semua pekerjaan itu adalah pelayanan untuk Tuhan. Dunia kerja adalah pelayanan kita, dan bagian dari pengabdian kita kepada Tuhan Allah.

Haleluya,.
Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment